10 Tips Cara Memilih Hosting yang Tepat Sebelum Anda Menyesal

Diposting pada

Tips Memilih Hosting yang Tepat

10 Tips Cara Memilih Hosting yang Tepat Sebelum Anda Menyesal – Apakah Anda berencana membuat situs web? Keputusan penting yang harus Anda ambil adalah memilih hosting. Berbagai jenis solusi dan paket hosting dapat membuat Anda dalam kebingungan. Terlihat bahwa sebagian besar pendatang baru memilih opsi pertama di depan mereka dan menyesal kemudian. Jadi, Anda tidak melakukan kesalahan, selalu luangkan waktu untuk memilih paket hosting yang tepat.

Artikel ini akan memandu Anda melalui apa yang sebenarnya perlu Anda ketahui untuk memilih Hosting yang Tepat. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

10 Tips Cara Memilih Hosting yang Tepat Sebelum Anda Menyesal

1. Pertimbangkan Apa Jenis Hosting yang Anda Butuhkan

Sebelum Anda mulai mencari layanan hosting, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kebutuhan spesifik Anda terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda mempersempit opsi hosting web Anda. Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu Anda menentukan jenis hosting web yang Anda butuhkan.

  • Berapa banyak lalu lintas yang dapat diterima situs saya dalam 1 hingga 2 tahun mendatang?
  • Apakah saya memiliki niat untuk menggunakan situs web / blog saya untuk menghasilkan uang? Jika ya, Anda harus menghindari memilih web host gratis.
  • Berapa anggaran saya? Berapa yang bisa saya keluarkan untuk solusi hosting? Ingat bahwa, biaya hosting web berkisar dari gratis hingga ratusan dolar per bulan (Bila di hitung dalam mata uang dolar). Jadi, putuskan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan.

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda membuat daftar penyedia hosting potensial.

2. Lihat Reputasi

Jika memungkinkan, cobalah untuk mendapatkan rekomendasi dari orang-orang yang Anda percayai tentang penyedia hosting potensial Anda. Hanya karena Anda telah mendengar tentang host tertentu, itu tidak berarti mereka memiliki reputasi baik. Cari tahu apa reputasi yang telah dikumpulkan oleh penyedia potensial Anda selama ini.

Sebagian besar penyedia hosting terkemuka telah berkecimpung dalam bisnis selama lebih dari satu dekade, Anda dapat dengan mudah menemukan ulasan tentang mereka di situs web yang berbeda. Cari panduan ulasan hosting yang membandingkan penyedia hosting teratas di industri ini. Ini akan mempersempit penelitian Anda untuk host yang tepat.

3. Lihat Keandalan Server

Jangan berkompromi pada kualitas server. Karena berinvestasi di server web berkualitas buruk dapat menyebabkan pemadaman dan crash situs web. Perusahaan yang memiliki server buruk mungkin tidak dapat menangani masalah seperti serangan DDOS, lonjakan lalu lintas besar-besaran, dan kesalahan penyedia hosting lainnya.

Penting untuk meng-host situs web Anda dengan host web yang operasional 24 * 7. Bagaimanapun, pengunjung Anda dapat datang ke situs web Anda dari zona waktu di seluruh dunia.

Cari host, yang stabil dalam hal jaringan. Saat ini, 99,95% uptime telah menjadi standar. Bahkan untuk akun hosting bersama, apa pun di bawah 99% tidak dapat diterima.

Ada banyak cara Anda bisa mendapatkan informasi tentang status uptime host web Anda. Salah satu cara paling sederhana untuk melakukannya adalah membaca ulasan tentang status waktu aktif. Selain itu, Anda dapat menggunakan alat seperti Pingdom atau lainnya yang anda ketahui.

4. Opsi untuk Peningkatan Server

Akun hosting bersama harus memadai (perkiraan kasar) untuk menjalankan situs web WordPress yang dioptimalkan dengan benar yang memiliki 25.000 hingga 30.000 pengunjung unik setiap bulan. Namun, jika Anda mengharapkan situs Anda tumbuh besar selama 2-3 tahun ke depan, Anda harus mempertimbangkan memilih web host yang menawarkan ruang yang cukup untuk tumbuh.

Anda harus memiliki opsi untuk memilih paket hosting web premium seperti VPS hosting, hosting khusus, dll. Lagi pula, dengan pertumbuhan bisnis Anda, Anda akan memerlukan daya pemrosesan yang lebih baik, kapasitas memori, penyimpanan disk, dan fitur keamanan. Disarankan untuk memilih penyedia hosting yang menawarkan ketiga layanan hosting utama, yaitu Shared, VPS, dan Dedicated hosting. Jadi, Anda tidak perlu mengganti penyedia Anda saat memutakhirkan server Anda.

5. Pilih Jumlah Bandwith yang Tepat

Apa pun jenis hosting yang Anda pilih, paket hosting Anda harus menawarkan bandwidth yang memadai sesuai dengan kebutuhan situs web Anda. Meskipun situs web baru tidak menggunakan banyak bandwidth, perlu meninggalkan ruang untuk pertumbuhan. Penyedia hosting Anda tidak boleh mengunci Anda ke sejumlah bandwidth dan kemudian meminta biaya tambahan untuk merevisi paket hosting Anda.

Salah satu metode mudah untuk menghitung kebutuhan bandwidth Anda adalah dengan:

  • Buat perkiraan ukuran halaman rata-rata situs web Anda dalam KB (kilobyte). Tes dengan Pingdom Speed Test untuk dapat membantu dalam hal itu.
  • Kalikan nilai ini dengan rata-rata bulanan jumlah pengunjung.
  • Sekarang kalikan hasil anda (Dari langkah 2) dengan rata-rata jumlah pageview per pengunjung.

6. Beberapa Addon Domain

Jika Anda menjalankan bisnis dengan audiensi yang beragam, mungkin bermanfaat bagi Anda untuk membeli beberapa domain. Dalam survei yang dilakukan oleh WebHosting Talk, 80% pemilih memberikan suara bahwa mereka memiliki lebih dari 5 domain.

Namun, untuk melayani beberapa domain anda membutuhkan tambahan ruang hosting. Jadi, mencari host yang memungkinkan anda untuk menambahkan beberapa domain.

7. Bandingkan Harga Pendaftaran dan Pembaruan

Saat ini, penawaran hosting murah saat mendaftar, tetapi tidak perlu bahwa harga pembaruan akan murah juga. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan diskon 80% ketika mendaftar dan datang dengan harga pembaruan yang jauh lebih tinggi. Jadi, waspadai hal-hal seperti itu sebelum menekan tombol ‘Beli’. Untuk menghindari kejutan yang tidak menyenangkan, tanyakan harga perpanjangan di muka. Baca semua syarat dan ketentuan dengan cermat.

8. Uji Sistem Pendukung

Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan ketika mencari penyedia hosting web yang tepat. Lihat media yang Anda miliki untuk mengakses tim dukungan dari penyedia hosting potensial Anda. Cari tahu apakah Anda dapat menghubungi mereka melalui email, obrolan online atau dukungan telepon, 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu.

Kenali bagaimana perwakilan mereka berinteraksi dengan pengguna. Untuk mengetahui bahwa Anda dapat membaca ulasan mereka atau mengajukan permintaan palsu pada sistem dukungan mereka.

9. Lihat Fitur Keamanan

Pelanggaran keamanan telah menjadi sangat umum saat ini. Menurut Statista, yang melaporkan jumlah pelanggaran data, serangan cyber meningkat setiap tahun nya.

Saat memilih web hosting, fitur keamanan yang harus Anda cari adalah:

  • Cadangan data & Pemulihan
  • Pemantauan jaringan
  • DDoS Prevention dan Firewalls
  • Malware Scanning

10. Kebijakan Pengembalian

Apa kebijakan pengembalian setelah periode uji coba selesai? Apakah Anda membebankan biaya tambahan atau biaya pembatalan? Ini adalah beberapa pertanyaan dasar yang harus Anda tanyakan kepada penyedia pilihan Anda sebelum mendaftar? Ada beberapa perusahaan yang membebankan biaya pembatalan tinggi ketika pengguna membatalkan akunnya selama masa percobaan. Jadi, hindari penyedia tersebut sama sekali.

Jadi, ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih layanan hosting yang tepat. Namun, Anda harus ingat bahwa tidak ada solusi tetap untuk persyaratan hosting web seseorang. Misalnya, jika Anda memulai situs web eCommerce, host gratis atau server bersama tidak akan cukup untuk Anda.

Dengan cara yang sama, jika Anda berencana untuk menjalankan blog hobi kecil atau situs yang biasanya perlu diperbarui, server khusus akan menjadi pilihan yang mahal untuk Anda. Singkatnya, situs web yang berbeda memiliki persyaratan yang berbeda.

Karena itu, selalu pilih penyedia hosting sesuai dengan kebutuhan Anda. Lagi pula, ini bukan tentang menemukan hosting web terbaik di dunia, ini tentang Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *