4 Hal Memilih Template Blog Yang Baik Dan Benar untuk Pemula

Diposting pada

Memilih Template Blog Yang Baik Dan Benar

Terkadang kita lupa bahwa penting nya Memilih Template Yang Baik Dan Benar itu suatu tombak untuk ke suksesan blog kita nanti nya. Meskipun sebenarnya kalian bebas saja dalam menentukan template blog yang kalian ingin kan, yang terpenting kalian bisa membuat artikel yang benar – benar relevan dan menarik untuk di baca.

Tetapi yang perlu harus kalian ketahui, kita juga harus memperhatikan struktur template yang akan kita gunakan. Apakah sudah sesuai dengan ketentuan search engine dan pastinya keinginan para pembaca.

Karena tidak mungkin kan kita memiliki template yang bagus, tapi hanya kita saja yang memandang tapi blog sepi tanpa pengunjung, dikarenakan template blog yang kita gunakan tidak SEO Friendly. Lalu bagaimana Menentukan Template Blog yang benar?

Kita bisa mengkategorikan template  dalam 4 hal yaitu Responsive, Clean & User Friendly, Fast loading,
yang tentunya akan mengacu kepada template yang SEO friendly. Dan mungkin bagi saya satu lagi adalah Tampilan.

Mungkin kita akan bahas satu persatu perihal 4 hal yang saya utarakan di atas tadi.

4 Hal Memilih Template Blog yang Baik dan Benar untuk Pemula

1. Responsive

  • Template yang tampilannya bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan, misalkan dibuka di ponsel atau gadget, ukuran template ini secara otomatis akan menyesuaikan dengan ukuran perangkat. Jadi kita tidak perlu melakukan zooming terhadap artikel atau gambar yang terlihat di area postingan. Manfaatnya sangat besar sekali, karena google akan mengacu kepada MobileGeddon, yaitu blog yang mobily friendly atau ramah dalam penggunaan pada ponsel.

2. Clean dan User Friendly

  • Template yang sederhana, minimalis dan bersih sangat disukai google. Selain nyaman dan enak dipandang, akan terlihat rapi dan tidak acak acakan. Pengunjung pun akan merasa lebih memahami isi dari blog anda dari halaman per halaman.

3. Fast loading

  • Kecepatan loading blog yang lambat akan memperburuk masa depan blog anda sendiri, selain pengunjung juga tidak sabar menunggu, template blog yang lamban juga buruk dimata SEO. Jadi pilihlah template yang loadingnya cepat.

4. Tampilan

  • Kenapa Tampilan? Terkadang gini, bilamana pengunjung menjumpai blog yang kita miliki tapi tampilan blog kita terlihat jelek, sudah pasti pengunjung langsung klik tombol back karena berfikir “Ah tampilan nya kaya gitu paling isi nya ancur”. Rata – rata orang indo yang saya perhatikan seperti itu selalu menilai dari segi luar nya dahulu. Jadi cari lah template yang tampilan nya cukup menarik, tapi sesuaikan juga dari Niche blog yang kalian kelola.

Dan yang terakhir Cek Template Dengan Testing Tool bila kalian sudah menemukan template yang sekira nya sudah memenuhi kriteria yang sudah saya jelaskan di atas. Coba kalian cek template kalian dengan mengunjungi situs di bawah ini.

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
https://gtmetrix.com

Meskipun hasil nya pasti berbeda. Tapi setidak nya kalian bisa tau kekurangan apa saja dari template yang kalian sedang gunakan. Bila hasil score yang kalian dapatkan masing – masing menunjuk kan angka 80 %, maka bisa di anggap template blog anda fast loading. Jika kecepatan loading nya diatas 5 second, sebaiknya anda memilih template lain.

Untuk ukuran diatas lebih dari 5 second template itu dianggap lambat loadingnya. Tapi bila hasil score yang kalian dapatkan di bawah 80% semata – mata buka karena faktor dari template tersebut, bisa saja dari artikel kalian yang menggunakan gambar dengan ukuran size yang terlalu besar dan faktor – faktor lainnya.

Nah, itulah sedikit saran dari saya bagi anda yang sedang mencari tips tentang template blog yang baik dan benar. Silahkan tinggalkan komentar anda bila ada yang ingin anda tanyakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *