3+ Cara Menonaktifkan Hotlinking Gambar di WordPress

Diposting pada

Cara Menonaktifkan Hotlinking Gambar di WordPress

3+ Cara Menonaktifkan Hotlinking Gambar di WordPress – Kebanyakan orang tahu bahwa mencuri itu salah. Tetapi ketika mencuri sumber daya dan bandwidth server web Anda, banyak orang yang tidak peduli dan ia tidak menyadari bahwa tindakan mereka dapat memiliki dampak buruk bagi situs kita.

Hotlinking adalah tempat situs lain menyematkan gambar yang dihosting di server Anda. Misalnya, domain1.com mungkin menggunakan gambar yang dihosting di gouzhanweb.com.

Maka dari itulah Anda mungkin ingin menonaktifkan hotlinking gambar di WordPress Anda.

Nah, dalam artikel ini saya akan membagikan 3 metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menonaktifkan hotlinking di situs WordPress Anda. Meskipun metode ini dapat membantu Anda mematikannya secara umum, Anda masih dapat membiarkan situs tertentu melakukan hotlink gambar Anda jika diinginkan.

Mengapa Anda Harus Menonaktifkan Hotlinking Gambar Di WordPress

Ketika situs lain men-hotlink gambar Anda, mereka menguras sumber daya server Anda dan bahkan mungkin dikenakan biaya lebih (jika Anda harus membayar untuk bandwidth). Terutama jika Anda menggunakan hosting WordPress yang dikelola, kemungkinan besar Anda memiliki bandwidth terbatas.

Meskipun gambar muncul di situs orang lain, server web Anda masih perlu memproses permintaan itu dan mengirimkan gambar ke situs itu. Jika situs itu mendapat banyak lalu lintas, itu akan menjadi banyak permintaan untuk diproses oleh server Anda, dan itu akan memperlambat situs Anda.

Banyak host mengenakan biaya berdasarkan jumlah bandwidth yang di gunakan. Gambar hotlink juga menggunakan bandwidth, sehingga Anda mungkin harus membayar lebih banyak untuk itu.

Mungkin beberapa situs tidak keberatan – misalnya, beberapa situs seperti webcomics sebenarnya mendorong orang untuk men-hotlink gambar.

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Seseorang Sudah Melakukan Hotlink pada Gambar Anda?

Ingin melihat apakah seseorang sudah menautkan gambar Anda? Yang perlu Anda lakukan adalah mencari ini di Google Gambar:

  • inurl:yoursite.com -site:yoursite.com

Pastikan untuk mengganti ‘yoursite.com’ dengan nama domain Anda.

Cara Mengetahui Jika Seseorang Sudah Melakukan Hotlink pada Gambar Anda

Anda akan menemukan lokasi di mana orang-orang telah menautkan gambar Anda.

3+ Cara Menonaktifkan Hotlinking Gambar di WordPress

1. Cara Menonaktifkan Hotlinking Gambar Dengan .htaccess

Jika Anda merasa nyaman mengedit file .htaccess situs WordPress Anda, agak mudah untuk menonaktifkan hotlinking tanpa perlu plugin. Ini adalah metode yang saya rekomendasikan untuk sebagian besar blogger, meskipun saya juga akan membahas beberapa cara lainnya.

Untuk mengikuti metode ini, Anda harus :

  • Hubungkan situs Anda melalui FTP
  • Akses cPanel File Manager

Disini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara kerjanya menggunakan FTP dan program FileZilla FTP.

Langkah 1: Hubungkan Server Anda Melalui FTP

Untuk memulai, gunakan FileZilla untuk terhubung ke server Anda melalui FTP. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan ini, staf dukungan host Anda harus dapat membantu.

Saat Anda terhubung, jelajahi folder untuk situs WordPress Anda:

Langkah 2: Hasilkan Cuplikan Kode .htaccess

Selanjutnya, gunakan alat free hotlink protection tool untuk menghasilkan snipet kode yang Anda perlukan untuk langkah selanjutnya.

Alat ini memungkinkan Anda mengecualikan situs tertentu agar tidak diblokir. Anda pasti harus menambahkan domain Anda di sana. Selain itu, saya sarankan menambahkan mesin pencari populer dan jejaring sosial untuk memastikan mereka tidak memiliki masalah dengan gambar Anda.

Anda dapat meninggalkan sisa bidang sebagai default:

Setelah selesai, klik tombol Generate .htaccess file di bagian bawah untuk menghasilkan potongan kode yang relevan. Seharusnya terlihat seperti ini:

Biarkan jendela ini terbuka karena Anda akan memerlukan potongan kode ini di langkah berikutnya.

Langkah 3: Edit File .htaccess Dan Tambahkan Cuplikan Kode

Setelah Anda berhasil terhubung ke situs Anda, klik kanan pada file .htaccess di folder root situs Anda dan edit.

Tambahkan potongan kode dari langkah sebelumnya ke file .htaccess situs Anda:

Kemudian, pastikan untuk menyimpan file .htaccess Anda dan, jika perlu, unggah kembali ke server Anda.

Dan sekarang Orang tidak akan lagi dapat men-hotlink gambar Anda.

Jika diinginkan, Anda dapat menggunakan alat dari Langkah 2 untuk secara otomatis menampilkan gambar placeholder setiap kali seseorang mencoba untuk menautkan gambar Anda. Jika Anda ingin melakukan ini, saya akan merekomendasikan hosting gambar itu di Dropbox atau Google Drive sehingga Anda tidak membuang sumber daya server Anda sendiri:

2. Cara Nonaktifkan Hotlinking Gambar Di WordPress Dengan Plugin

Jika Anda tidak ingin menggunakan metode .htaccess di atas, beberapa plugin keamanan WordPress menyertakan fungsi bawaan untuk membantu Anda memblokir hotlinking.

Sekali lagi, saya pikir metode .htaccess di atas adalah pilihan terbaik untuk Anda, tetapi plugin All In One WP Security & Firewall plugin juga dapat membantu Anda melakukannya.

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, buka WP Security → Firewall. Lalu, pilih tab Prevent Hotlinks dan centang kotak untuk Prevent Hotlinking Image:

3. Cara Menonaktifkan Hotlinking Gambar menggunakan Cloudflare

Jika Anda menggunakan layanan Cloudflare populer sebagai jaringan pengiriman konten, itu termasuk pengaturan dasbor bawaan yang memungkinkan Anda menonaktifkan hotlinking. Ini disebut Perlindungan Hotlink.

Untuk mengaktifkan perlindungan hotlink di Cloudflare, buka dasbor Cloudflare Anda dan navigasikan ke tab ScrapeShield:

Kemudian, gulir ke bawah ke pengaturan Hotlink Protection dan nyalakan:

Pertimbangkan Menonaktifkan Hotlinking Gambar Di WordPress Hari Ini

Meskipun ada beberapa situasi di mana Anda mungkin ingin membiarkan orang lain men-hotlink gambar Anda, sebagian besar blog tidak mendapatkan manfaat apa pun, dan ada yang sangat negatif karena Anda menghabiskan sumber daya server Anda untuk memberi daya pada gambar untuk situs orang lain.

Untungnya, mudah untuk menonaktifkan hotlinking gambar di WordPress.

Untuk sebagian besar situs WordPress, saya sarankan menggunakan metode .htaccess karena sederhana dan memungkinkan Anda mengizinkan hotlinking ke situs tertentu (seperti mesin pencari dan jejaring sosial).

Jika tidak, Anda dapat menggunakan plugin WordPress, atau memanfaatkan perlindungan hotlink bawaan dari layanan seperti Cloudflare.

Apakah Anda memiliki pertanyaan lain tentang cara menonaktifkan hotlink di WordPress? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *