Cara Mengetik Lebih Cepat: Kiat dan Trik Menguasai Keyboard

Diposting pada

Cara Mengetik Lebih Cepat

Hidup di tepi digital di mana mengetik hampir merupakan kebutuhan sehari-hari, mempelajari cara penggunaan keyboard yang tepat sangat penting. Anda tidak hanya bisa lebih produktif dan menyelesaikan berbagai hal dengan keyboard lebih cepat, mengetik lebih cepat juga memungkinkan Anda mengikuti perkembangan otak Anda; suara kecil di kepala Anda yang memiliki ide-ide hebat mungkin hanya bertahan selama beberapa detik sebelum dilupakan.

Di artikel ini, kami akan memberi Anda 5 tips agar Anda mulai mengetik lebih cepat dan tepat. Beberapa kiatnya cukup jelas, tetapi kami akan memberi Anda beberapa aplikasi untuk membantu Anda berlatih dan belajar lebih cepat.

Cara Mengetik Lebih Cepat

1. Singkirkan Kebiasaan Buruk

Kiat dan Trik untuk Menguasai Keyboard

Menyingkirkan kebiasaan mengetik yang buruk mungkin adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Anda mungkin telah menggunakan metode pengetikan yang sama sejak Anda mulai menggunakan keyboard, sampai ke tempat Anda meletakkan telapak tangan. Jika Anda seorang gamer FPS (First Person Shooter), Anda mungkin terbiasa meletakkan tangan kiri Anda pada tombol WASD, dan mungkin memiliki jari yang lebih kuat di tangan kiri daripada tangan kanan Anda (berbicara dari pengalaman di sini).

Yang lain mungkin mengetik hanya dengan dua jari, masing-masing memegang lebih dari sepuluh (atau lebih) tombol, selalu harus mengawasi keyboard untuk mendapatkan tombol yang tepat. Meskipun Anda mungkin mengetik cepat dengan hanya setengah dari jari yang dibutuhkan, Anda harus meletakkan kaki (atau tangan) dan segera hentikan kebiasaan itu.

2. Gunakan Semua 10 Jari

Langkah selanjutnya adalah mempelajari kembali penempatan jari yang benar pada keyboard. Jika Anda melihat lebih dekat pada keyboard Anda, Anda akan melihat adanya tonjolan pada masing-masing tombol F dan tombol J. Ini untuk membantu Anda menemukan penempatan jari yang benar tanpa harus melihat keyboard.

Idealnya, jari telunjuk Anda harus bertumpu pada tombol F dan J dan jari lainnya akan jatuh ke tempatnya secara alami.

Pada gambar di bawah ini, Anda akan melihat area kode warna yang menunjukkan kunci yang dicakup oleh masing-masing jari. Anda akan melihat bahwa jari tengah dan jari manis hanya digunakan untuk beberapa tombol pada keyboard, sementara jari telunjuk Anda menutupi bagian tengah keyboard. Tombol navigasi, tanda baca, dan fungsi sebagian besar dikontrol oleh jari kelingking.

Image Source: Keybr

Jika ini membingungkan Anda, pergilah ke situs web seperti TypingClub atau Typing Web di mana mereka membawa Anda melalui setiap langkah untuk membiasakan diri dengan keyboard. Beberapa latihan mereka hanya melibatkan 2 jari dan saat Anda menjalani programnya, Anda perlahan-lahan akan menguasai cara mengetik lebih cepat dan tepat.

3. Pelajari Untuk Menyentuh Jenis

Selanjutnya: Pengetikan sentuh. Saat Anda mengetik tanpa harus melihat keyboard. Bahkan, untuk juru ketik berpengalaman, melihat keyboard sebenarnya memperlambatnya.

Untuk sampai ke sana membutuhkan latihan, dan kami tidak berbicara tentang berjam-jam di sini. Mungkin perlu berminggu-minggu sebelum Anda mengkondisikan jari Anda untuk mengambil kendali atas kunci ‘yang menjadi tanggung jawab mereka. Bahkan jika itu memperlambat Anda, jangan kembali ke cara Anda mengetik.

Sekarang, coba ketikkan kalimat tanpa melihat keyboard, dan coba ingat posisi setiap huruf. Jika Anda harus mengintip keyboard, Anda bisa, tetapi berikan kata atau kalimat yang sama lagi, kali ini tanpa melihat keyboard. Butuh beberapa saat, tetapi jika Anda bertekad, itu menjadi lebih mudah setiap hari.

4. Navigasikan Dengan Pintasan Keyboard Dasar

Tidak mengherankan mengapa Windows dan Mac OS memiliki banyak pintasan keyboard. Karena kedua tangan Anda sudah berada di keyboard, mengapa menghabiskan waktu menggunakan mouse untuk bernavigasi? Anda tidak harus mengingat setiap pintasan, hanya pintasan yang lebih umum.

Pintasan umum di bawah ini sebagian besar digunakan dalam program pengolah kata:

Shortcuts Descriptions
Ctrl + C Copy
Ctrl + X Cut
Ctrl + V Paste
Ctrl + Z Undo
Ctrl + S Save
Ctrl + F Search for word
Ctrl + A Highlight everything
Shift + Left Arrow or Right Arrow Hightlight next letter
Ctrl + Shift + Left Arrow or Right Arrow Highlight next word
Ctrl + Left Arrow or Right Arrow Navigate text cursor to next word without highlight
Home Go to beginning of line
End Go to end of line
Page Up Scroll up
Page Down Scroll down

Anda juga dapat menggunakan tombol pintas saat menjelajahi web. Berikut beberapa cara pintas yang dapat Anda gunakan untuk bernavigasi di browser web.

Shortcuts Descriptions
Ctrl + Tab Switch to next tab
Ctrl + Shift + Tab Switch to previous tab
Ctrl + T Open new tab
Ctrl + W Close current tab
Ctrl + Shift + T Open previously closed tab
Ctrl + R refresh current webpage
Ctrl + N Open new web browser window
Backspace Go back one page
Shift + Backspace Go forward one page

Terakhir, berikut adalah beberapa pintasan keyboard umum untuk navigasi yang lebih umum (Windows).

Shortcuts Descriptions
Alt + Tab Switch to next opened window
Alt + Shift + Tab Switch to previous opened window
Alt + F4 Close current window

Menggunakan tombol pintas ini akan membutuhkan jari kelingking banyak karena banyak tombol pengubah seperti Ctrl, Alt dan Shift paling dekat dengan jari kelingking Anda.

5. Berlatih dengan Aplikasi

Berlatih mengetik di papan ketik tidak perlu membuat stres (walaupun terkadang terasa seperti itu). Anda bisa berlatih dengan banyak game mengetik. Berikut adalah beberapa situs web di mana Anda bisa belajar cara menaklukkan keyboard dan bersenang-senang pada saat yang bersamaan.

1. TypeRacer

TypeRacer adalah gim sederhana dan menyenangkan di mana setiap pemain diwakili oleh mobil. Anda akan diberikan satu bagian teks dari buku atau lirik ke sebuah lagu, Anda kemudian mengetiknya untuk memindahkan mobil Anda dalam ‘balapan’ dengan pemain lain. Siapa pun yang selesai mengetik bagian ini akan menang.

2. Typing Maniac

Typing Maniac adalah game Facebook yang akan membuat Anda ketagihan karena Anda dapat bersaing dengan teman-teman untuk melihat siapa yang bisa mendapatkan poin terbanyak. Saat kata-kata muncul di layar Anda, ketikkan kata-kata itu untuk menghilangkannya sebelum terlalu banyak mendarat di tanah dan menyebabkan Anda kehilangan permainan! Hasilkan poin dan dapatkan skor yang lebih baik jika Anda mencapai setiap level tanpa kehilangan atau salah mengeja kata.

3. Keybr.com

Keybr menghasilkan kata-kata acak yang dapat dibaca di mana beberapa kata dieja salah untuk membantu Anda mengingat kombinasi huruf yang umum lebih baik daripada mengetik huruf acak. Ini akan memberi Anda statistik untuk memberi tahu Anda area keyboard mana yang lebih lemah. Ia juga menawarkan kata-kata dalam berbagai bahasa serta tata letak keyboard yang berbeda.

4. Touch Typing Study

Latihan di situs ini membuat Anda nyaman dengan penempatan jari dengan berulang kali meminta Anda mengetik huruf-huruf itu dengan jari yang benar. Ini juga ditawarkan dalam berbagai bahasa.

5. Learn Typing

Learn typing adalah situs web dengan tampilan dasar yang memiliki banyak penjelasan yang bagus untuk pemula yang belajar mengetik lebih cepat. Setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya, ada juga latihan yang lebih maju yang dapat Anda lakukan.

Nah, itulah 5 tips sederhana agar Anda dapat mengetik lebih cepat dan tepat untuk memperlancar mengetik dengan menggunakan 10 jari anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *